RUMAH DEMOKRASI KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Senin, 16 Mei 2016

workshop pendidikan POLITIK menuju PEMILIH CERDAS berjalan sukses

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Tengah, bertempat di Pondok santap Yangti mengadakan acara workshop PENDIDIKAN POLITIK MENUJU PEMILIH CERDAS, yang keseluruhan pesertanya adalah siswa siswi SLTA yang merupakan pemilih pemula yang akan memberikan suaranya di Pilkada Serentak Tahun 2018 mendatang. Siswa siswi yang berasal dari 6 (enam) SLTA di wilayah Kabupaten Lampung Tengah ini selain mendapatat kan materi tentang kepemiluan dan tata cara memberi
kan suara di TPS, para peserta juga diberikan pengetahuan sejarah Komisi Pemilihan Umum yang disajikan dalam bentuk Audio Video.
Dimana dalam video berdurasi 30 menit  tersebut memuat  informasi sejarah tentang penyelenggaraan pemilihan umum sejak Pemilu 1955 hingga pemilihan umum tahun 2014, disajikan dengan format Audio Video yang menawan serta narator yang menggugah jiwa, membuat para peserta larut dalam keseriusan namun dalam suasana yang rileks.
Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Lampung Tengah, Budi Hadi Yunanto, s.PdI menekankan akan pentingnya suatu pengetahuan atau pendidikan pemilih, agar nantinya para pemilih dalam memberikan suaranya betul betul dengan hati nurani dan bertanggung jawab serta tidak mudah terbuai oleh money politik. bliau juga menambahkan, bahwa 10-20 tahun kedepan giliran adik adik ini yang akan memimpin negeri ini, yang langsung disambut oleh riuhnya tepuk tangan para peserta.
Ibu Dra. Hj. Handi Mulyaningsih, M.Si selaku pemateri, menjelaskan tentang pentingnya memilih dan potensi potensi besar pada pemilih pemula serta penjelasan macam macam Pemilihan dan dilaksanakan oleh KPU selaku penyelenggara Pemilu.
Setelah istirahat, dilanjutkan dengan tour ke Kantor KPU Kabupaten Lampung Tengah, para peserta diajak keliling kantor KPU dan singgah di Rumah Demokrasi, serta diberikan kesempatan memberikan kesan dan pesan serta membubuhkan tanda tangan di dinding kunjungan. Selesai tour dilanjutkan dengan simulasi pemungutan suara di Tempat pemungutan suara, semua instrumen dibuat sesaui dengan kondisi sebenarnya, dengan KPPS yang
beranggotakan para peserta dan pemilihnya juga dari peserta, sehingga para peserta betul betul merasakan atmosfer pemungutan suara tersebut.
dari rangkaian kegiatan tersebut, diharapkan para peserta dapat mengenal sistem pendidikan demokrasi, dimana demokrasi itu didalamnya terkait dengan pemilihan, KPU adalah suatu lembaga yang bergerak dibidang kepemiluan.
Pada kesempatan ini, juga dibentuk atau diadakan pemilihan ketua RELAWAN INDONESIA MEMILIH berikut instrumennya dan ketua rayon, pembentukan ini
dimaksudkan agar para peserta setelah selesai mengikuti acara dapat selalu terjalin komunikasi antar peserta dan dapat memberikan sosialisasi tentang kepemiluan kepada teman teman disekolah dan teman diluar sekolah. selain itu, dengan adanya relawan  tersebut akan memudahkan KPU Kabupaten Lampung Tengah khususnya Team Rumah Demokrasi KPU Kabupaten Lampung Tengah dalam mengguritakan sosialisi kepemiluan kepada para pemilih pemula dilingkungan sekolah.